Kamis, 07 November 2013

Harga Orang Superkaya

Kendati sentimen negatif masih membayangi perekonomian global, populasi orang superkaya justru membengkak. Di tahun 2013, populasi mereka yang berada di level di seluruh dunia mencapai 2.170 orang.
Angka tersebut terungkap lewat sensus terbaru lembaga riset Wealth-X dan UBS yang terbit pada Rabu (6/11/2013). Yang menarik, populasi kaum superkaya ini merupakan rekor tertinggi sepanjang sejarah. Jumlah tersebut meningkat 0,5 persen dibandingkan tahun 2012. Populasi yang bertambah juga memicu peningkatan total kekayaan orang superkaya.
Di tahun 2013, total kekayaan mereka meningkat 5,3 persen menjadi 6,5 triliun dollar AS. Jumlah ini setara dengan total produk domestik bruto seluruh dunia, kecuali Amerika Serikat (AS) dan China. Kekayaan rata-rata miliarder di seluruh dunia mencapai 3 miliar dollar AS. Namun, dari total populasi orang tajir, ada 111 miliarder yang kekayaannya lebih dari 10 miliar dollar AS.
Nah, jika dibandingkan krisis tahun 2009, kekayaan kaum kaya raya telah pulih. Di tahun 2013, kekayaan kaum superkaya telah melesat dua kali lipat atau dari sebelumnya 3,1 triliun dollar AS. Laporan Wealth-X dan UBS juga mengungkap, Asia menjadi tempat pertumbuhan pesat kaum ini. Di tahun 2013, tercatat ada 18 miliarder baru muncul dari Asia atau meningkat 3,7 persen.
Di tahun 2013, total kekayaan kaum superkaya di Asia juga meningkat 13 persen. Dua prestasi ini merupakan pertumbuhan tercepat dibandingkan benua lain. Menurut prediksi Wealth-X dan UBS, total kekayaan mereka di Asia bakal melampaui kekayaan di Amerika Utara dalam tempo lima tahun mendatang.
Sementara itu, Eropa merupakan rumah bagi kebanyakan miliarder. Sekitar 766 miliarder tinggal di Benua Biru. Meski begitu, Amerika Utara adalah benua dengan kekayaan tertinggi atau mencapai 2.158 miliar dollar AS. Nasib kurang beruntung dialami kaum superkaya di Amerika Latin. Di tahun 2013, pertumbuhan harta miliarder Amerika Latin hanya 2,3 persen atau terendah dibandingkan benua lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar